20 Agustus 2008

Penyakit Bintik Putih (White Spot)

Penyakit bintik putih atau juga dikenal dengan white spot atau Ich, adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang ikan air tawar khususnya ikan yang tidak bersisik seperti lele, patin, sidat dan baung, tetapi tidak jarang penyakit ini juga ditemukan pada ikan mas , bahkan ikan bawal air tawar termasuk jenis ikan yang rentan terinfeksi penyakit white spot. Pada kondisi tertentu penyakit ini bisa menyebabkan kematian secara masal pada ikan stadia benih.

Gejala klinis ikan ditandai dengan adanya bintik putih (white spot) pada permukaan tubuh, ikan sering terlihat menggosok-gosokkan tubuh ke sisi wadah pemeliharaan, pada ikan lele atau patin ikan terlihat berenang secara vertikal (menggantung) dan berenang di permukaan air dekat saluran pemasukan (inlet).



Penyakit white spot disebabkan oleh Ichthyopthirius multifiliis, parasit ini menempel diantara epidermis dan dermis. ukuran parasit berkisar antara 0.5-1.5 mm, permukaan tubuhnya dipenuhi dengan ciliata yang mempermudah pergerakannya, sehingga penyebaran parasit ini terjadi dengan cepat.

Sebagai tindakan pengendalian bisa dilakukan menggunakan methylene blue 3 ppm + garam 1000 ppm dengan perendaman selama 24 jam, bisa diulang 3 kali, juga dengan menaikkan suhu pada wadah pemeliharaan hingga 28-30 derajat celcius

3 komentar:

Munandar mengatakan...

Sekalian juga bahas penyakit untuk burung kicauan dong zak!. Nyambung ngga ya?. Aku punya cucak ijo tapi sampai saat ini stress ga bisa ngoceh!. Siapa bisa bantu saya nih?

Zakki Zainun mengatakan...

Ah Nandar ada-ada aja, kalau soal burung mah saya tidak tahu sama sekali, mungkin ke orang peternakan, kalo yang berhubungan dengan penyakit ikan baru bisa nyambung...

gun9 mengatakan...

ada caranya ndar..
1.cari penyebab stress, mgk kesepian jauh dari keluarga dll.
2. bila perlu bawa ke reuni cikaret, dulu kan kita belajar pancha bela. kali ada pak Nasution ntar ditotok urat sarafnya.
3. he he gak bisa jg ya digoreng..
(hik hik.. bln puasa banyak brcanda, maaf)