23 Agustus 2008

Trichodina sp



1. DESKRIPSI

Trichodina sp merupakan ektoparasit yang menyerang/menginfeksi kulit dan insang, biasanya menginfeksi semua jenis ikan air tawar. Populasi Trichodina sp di air meningkat pada saat peralihan musim, dari musim panas ke musim dingin. Berkembang biak dengan cara pembelahan yang berlangsung di tubuh inang, mudah berenang secara bebas, dapat melepaskan diri dari inang dan mampu hidup lebih dari dua hari tanpa inang
Parasit ini merupakan protozoa dari golongan ciliata berukuran ± 50µm berbentuk bundar dengan sisi lateral berbentuk lonceng, memiliki cincin dentikel sebagai alat penempel dan memiliki silia di sekeliling tubuhnya.

2. GEJALA KLINIS

Ikan yang terinfeksi mengalami iritasi pada kulit, produksi lendir berlebih, insang pucat, megap-megap sehingga ikan sering menggantung di permukaan air atau dipinggir kolam, nafsu makan menurun, gerakan ikan lemah, sirip ekor rusak dan berawarna kemerahan akibat pembuluh darah kapiler pada sirip pecah.

3. DIAGNOSA

Diagnosa penyakit dilakukan dengan membuat preparat basah dari lendir dan insang ikan yang terinfeski, pengamatan dibawah mikroskop dengan pembesaran objektif 10x.


4. PENGENDALIAN

Pengendalian penyakit dapat dilakukan melalui perendaman dengan menggunakan bahan sebagai berikut:
- Larutan garam 500-1000 ppm selama 24 jam
- Larutan garam 2-3% selama 2-5 menit, diulang 3-4 hari
- Kalium Permanganat (PK) 3 ppm, selama 24 jam

3 komentar:

Tina Siam mengatakan...

Wah Teh, info yang ditunggu2 nih. Kami di kantor juga sedang koleksi foto patogen ikan, utamanya parasit. Tapi karena foto microskop-nya sedang rusak, saya pakai digital 10 Mega Fixel. Hasilnya kurang bagus, untuk Trichodina hanya kelihatan samar-samar. Atuh ini foto boleh dibajak ngga?
Saya punya banyak koleksi parasit, tapi ngga begitu bagus. Teh Zaki ada saran?

Zakki Zainun mengatakan...

Boleh aja lah kalo perlu mah..koleksi parasit awetan ya...nggak bagusnya kumaha, mungkin kurang bersih pas buatnya??? memang kalau kita foto dari luar suka kurang jelas nggak seperti langsung dari mikroskop.

E1 mengatakan...

Bu saya mau tanya nih,
ikan koi punya saya itu seringnya kumpul di dekat pancuran. Ikan diam di dasar kolam, sesekali saja dia pergi kalo dikasih makan, tapi nanti balik lagi ke situ. ikan berenang seperti panik, begitu pula kalo makan, kayaknya terburu-buru gitu. Padahal kayaknya sebelumnya gerakan renangnya anggun dan tenang. sisik khususnya bagian dekat kepala dan punggung terkelupas. kira2 penyebabnya apa ya bu? kemudian solusinya apa? terimakasih.

Salam,
E1